Bagaimana dengan blog saya?

Kamis, 02 Agustus 2018

Tugas Menganalisa web online JD.ID

TUGAS E-COMMERCE
Menganalisa web online "JD.ID"
AMIK BSI Purwokerto

Beberapa hal yang harus dianalisa :
1. SEJARAH
2. TAHAPAN PROSES TRANSAKSI
3. RUANG LINGKUP (B2B/B2C/C2C?)
4. TERGOLONG MODEL BISNIS YANG MANA
5. PERTIMBANGAN KONSUMEN MEMILIH WEB TERSEBUT APA SAJA
6. DUKUNGAN PELAYANAN YANG DIBERIKAN APA SAJA
7. APA FAKTOR SUKSES WEB TERSEBUT
8. SEGMENTASI PASARNYA BAGAIMANA
9. APA MODEL IKLAN YANG DILAKUKAN
10. KEAMANAN WEBNYA SEPERTI APA
11. PROSES PEMBAYARANNYA DENGAN APA SAJA DAN BAGAIMANA CARANYA
12. PIHAK YANG TERLIBAT DALAM WEB TERSEBUTSIAPA SAJA DAN APA PERANNYA
13. KEBIJAKAN DAN HUKUM YANG DITERAPKAN BAGAIMANA
14. KRITIK DAN SARAN

JAWAB :
Melda Dwi Juniati 12153342


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi yang sangat dramatis dalam beberapa tahun terakhir telah membawa dampak transformational pada berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalamnya dunia bisnis. Setelah berlalunya era “total quality” dan “reengineering”, kini saatnya “era elektronik” yang ditandai dengan menjamurnya istilah-istilah e-business, e-university, e-government, e-economy, e-entertainment, dan masih banyak lagi istilah sejenis. Salah satu konsep yang dinilai merupakan paradigma bisnis baru adalah e-business atau dikenal pula dengan istilah e-commerce sebagai bidang kajian yang relative masih baru dan akan terus berkembang, e-business berdampak besar pada praktek bisnis, setidaknya dalam hal penyempurnaan direct marketing, transformasi organisasi, dan redefinisi organisasi.
Model bisnis ini menekankan pertukaran informasi dan transaksi bisnis yang bersifat paperless, melalui Elektronik Data Interchange (EDI), E-mail, dan teknologi lainnya yang juga berbasis jaringan. Popularitas e-business di penghujung abad 20 dan di awal millennium baru ini ditunjang oleh tiga faktor pemicu utama, yaitu (1) faktor pasar dan ekonomi, diantara kompetisi yang semakin intensif, perekonomian global, kesepakatan dagang regional, dan kekuasaan konsumen yang semakin bertambah besar, (2) faktor sosial dan lingkungan, seperti perubahan karakteristik angkatan kerja, deregulasi pemerintah, kesadaran dan tuntutan akan praktis etis, kesadaran akan tanggung jawab sosial perusahaan, dan perubahan politik, dan (3) faktor teknologi, meliputi singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi.
Dengan ini, penyusun akan menganalisa website e-commerce yaitu perusahaan JD.ID.


1.2.Rumusan Masalah
a.      Jelaskan sejarah JD.ID?
b.      Bagaimana tahapan proses transaksi JD.ID?
c.       Termasuk kedalam ruang lingkup yang mana JD.ID?
d.      Model bisnis apa yang digunakan oleh JD.ID?
e.       Pertimbangan konsumen dalam memilih web JD.ID?
f.       Apa saja dukungan pelayanan yang diberikan oleh JD.ID?
g.      Apa Faktor sukses web JD.ID?
h.      Bagaimana penerapan segmentasi pasarnya?
i.        Apa model iklan yang digunakan oleh JD.ID?
j.        Bagaimana keamanan website JD.ID?
k.      Jelaskan proses pembayaran yang ada di website JD.ID?
l.        Siapa pihak yang terlibat dan apa peranannya?
m.    Bagaimana kebijakan dan hukum yang diterapkan?

1.3.Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan penyusun membuat makalah antara lain sebagai berikut :
1.      Memahami tentang e-commerce terutama JD.ID
2.      Memenuhi tugas mata kuliah E-Commerce











BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Sejarah JD.ID
JD.com (juga dikenal sebagai JingDong Mall), yaitu perusahaan induk JD.id, dibangun oleh Liu Qiangdong (aka Richard Liu) di Juli 1998 sebagai toko offline yang menjual produk magneto-optikal di Beijing, China, dengan nama Jingdong Century Trafing Co., Ltd. Situs online B2C perusahaan tersebut naik online di Januari 2004 dengan nama domain jdlaser.com lalu 360buy.com di 2007. Akhirnya nama domain diubah lagi menjadi JD.com di Maret 2013.
Mengikuti launching situs online perusahaannya, Liu dengan cepat mulai menambahkan jumlah tipe produk yang ditawarkan, dengan kategori-kategori seperti gadgets dan elektronik seperti smartphone dan komputer, buku, produk kecantikan etc. Di 2015, JD.com berhasil memenuhi lebih dari 1.26 millyar orders dari pengguna aktif situs mereka yang lebih dari 150 juta orang. Volume transaksi tersebut merupakan sekitar 49% dari total online retail sales seluruh negara China.
JD.id mulai beroperasi di Indonesia sejak Oktober 2015. Pada awalnya, mereka fokus terhadap menyediakan pelanggan dengan produk elektronik dan gadgets yang sulit ditemukan, seperti iPad Pro dari Apple dan A2010 dari Lenovo yang baru launching pada akhir tahun 2015. Sejak itu mereka telah memperluaskan penawaran produk mereka dan memasukkan kategori seperti sepatu dan pakaian olah raga dan juga produk kecantikan dan kesehatan.
Alamat situs JD.id yang menggunakan country-code top-level domain Indonesia (.id) dipilih untuk melambangkan komitmen mereka untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan aman. Menurut laporan, nama domain tersebut memerlukan dana Rp. 500,000,000 (~US$ 38,000) untuk didapatkan.

2.2. Tahapan Proses Transaksi
1.   Buka www.jd.id dari web browser atau aplikasi JD.id dari smartphone (tersedia di Android dan iOS).
2.   Sudah punya akun JD?
1.      Jika sudah: >> Klik MASUK pada bagian atas halaman >> Masukkan nama akun dan password Anda >> Klik tombol MASUK
2.      Jika belum: >> Klik DAFTAR >> Masukkan data yang diminta >> Klik tombol DAFTAR >> Klik tombol kode SMS, cek pesan ponsel Anda dari JOY JD.id, lalu ketik kode SMS pada kolom kosong yang ada di samping tombol kode SMS
3.   Jika sudah berhasil masuk, silakan mulai melakukan pencarian produk yang diinginkan. Untuk memudahkan pencarian, ketik produk yang diinginkan pada kotak search di bagian atas. Klik gambar produk untuk medapatkan info detil dan melakukan pemesanan.
4.   Klik BELI SEKARANG untuk memesan barang yang diinginkan. Jika masih ingin berbelanja produk lain, klik MASUKKAN KE TROLI.
5.   Anda akan dipandu ke halaman pembayaran. Silakan masukkan data-data yang diminta dan pastikan alamat pengiriman sudah benar.
6.   Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
Pilihannya:
1.      Cash On Delivery (COD) Pembayaran dilakukan di tempat saat barang tiba di rumah. Pembayaran bisa tunai, kartu debit atau kartu kredit
2.      Online payment Bank transfer (bisa melalui ATM, SMS, mobile banking, atau internet banking)
3.      Kartu kredit berlogo Visa/Mastercard
4.      Cicilan BCA/Mandiri 3, 6, atau 12 bulan
7.   Lanjutkan dengan klik BAYAR SEKARANG, kemudian lakukan pembayaran dengan nominal yang tertera pada layar.
8.   Jika sudah melakukan pembayaran, silakan konfirmasikan pembayaran melalui telepon (021) 6330202, email ke cs@jd.id, atau mengirimkan pesan ke  Facebook page JD.id (Untuk0-P   metode pembayaran COD, tidak perlu melakukan tahap ini).

9.   Setelah konfirmasi pembayaran divalidasi oleh tim JD.id, pesanan akan segera dikirim ke alamat Anda.
2.3.Ruang Lingkup JD.ID
Dalam tugas e-commerce menganalisa web online JD.ID, kami membahas tentang tahapan proses transaksi, model bisnis, pertimbangan konsumen, pelayanan yang diberikan, faktor sukses, penerapan segmentasi pasarn, model iklan, keamanan website, proses pembayaran, pihak yang terlibat dari sistem JD.ID secara keseluruhan.

2.4.Model Bisnis JD.ID
Model bisnis yang digunakan dalam website e-commerce JD.ID adalah Bisnis to Consumer (B2C). Business to Consumer  adalah bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis.Atau lebih tepatnya B2C adalah suatu aktivitas E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa, yang dapat diistilahkan dengan transaksi pasar. Hal ini dikarenakan JD.ID mempunyai alamat web tersendiri dan menjual barang atau produknya secara langsung ke konsumen. Dari barang-barang yang ditawarkan, konsumen dapat memilih dan langsung memesan setelah sebelumnya membuat akun dengan mendaftarkan diri dengan mengisi form pendaftaran yang telah disediakan. Selain itu, konsumen juga dapat memilih sendiri metode pembayaran yang diinginkan.
Beberapa Karakteristik B2C sebagai berikut

Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
  1. Konsumren/card holder, yaitu orang yang ingin memperoleh produk (barang atau jasa) melalui pembelian secara on-line. Konsumen yang berbelanja di internet dapat berstatus perorangan atau perusahaan.
  1. Acquirer, yaitu pihak perantara penagihan (antara penjual dan penerbit) dan persantara pembayaran (antara pemegang dan penerbit). Perantara penagihan adalah pihak yang meneruskan tagihan kepada penerbit berdasarkan tagihan yang masuk kepadanya yang diberikan oleh penjual barang/jasa. Pihak perantara penagihan inilah yang melakukan pembayaran kepada penjual. Pihak perantara  pembayaran adalah bank dimana pembayaran kredit dilakukan dengan kartu kredit/card holder, selanjutnya  bank yang menerima pembayaran ini akan mengirimkan uang pembayaran tersebut kepada penerbit kartu kredit (issuer).
  1. Issuer, yaitu perusahaan penyedia credit card.
  1. Certification Authoritis.  Pihak ketiga yang netral yang memegang hak untuk mengeluarkan sertifikasi kepada merchant, kepada issuer dan dalam beberapa hal diberikan pula kepada card holder. Certification Autohorities dapat merupakan suatu lembaga pemerintah atau lembaga swasta. Apabila transaksi e-commerce tidak sepenuhnya dilakukan secara on-line dengan kata lain hanya proses transaksinya saja yang on-line, sementara pembayaran tetap dilakukan secara manual, maka pihak acquirer, issuer, dan certification authority tidak terlibat didalamnya. Adapula pihak yang terlibat tidak secara langsu ng dalam e-commerce yaitu jasa ekspedisi (pengiriman).
x
a.       Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis web.
b.      Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan. 
c.       Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server.
Beberapa kelebihan dari B2C adalah sebagai berikut :
1.      Konsumen dapat mempelajari produk yang ditawarkan yang telah dipublikasi pada media internet
2.      Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
3.      Meminta agar barang yang dipesan, dapat dikirimkan pada pihak yang terkait (delivery) yang tentunya dengan biaya yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. 
4.      Harga yang diajukan masih bisa dinegosiasikan serta dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dikarenakan kita cukup mengakses suatu website tertentu. 
5.      Media pembayaran yang digunakan berupa kartu kredit.

2.5.Pertimbangan Komsumen
JD.ID memberikan penawaran yang lebih personal. Sehingga, pelanggan bisa mendapatkan produk yang memang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan menekankan jika program diskon hanya entry point saja. Program diskon ini dihadirkan dengan besaran yang bervariasi tiap harinya. Namun, JD.ID tetap mengedepankan value dan profitability untuk perusahaan. Untuk yang baru mengenal JD.ID faktor diskon menjadi penting. Tapi bagi pelanggan yang sudah berkali-kali belanja di JD.ID, mereka menghargai komunikasi yang mudah, kemudahan, dan pengalaman mendapat layanan yang prima. Itulah yang menjadi kunci penentu kenapa konsumen kembali lagi belanja di JD.ID. Bahkan, mereka merekomendasikan JD.ID kepada teman dan keluarga mereka,

2.5.Dukungan Pelayanan JD.ID
1.      Layanan purna jual
a.          Pengembalian Produk dan Dana
Ketentuan pengembalian produk dan dana hanya berlaku untuk produk-produk yang dijual oleh JD.id kecuali jika disebutkan hal lain dalam deskripsi produk.
Setelah team after-sales JD.id menerima produk yang Anda kembalikan, kami akan memberikan informasi atas hasil proses pengembalian produk dalam kurun waktu 3 hari kerja.
b.         Layanan concierge
Layanan Concierge adalah layanan pick-up service yang disediakan oleh team after-sales JD.id untuk kategori smartphone, tablet, laptop, dan smart device.
Layanan Concierge ini berlaku untuk alasan apapun dan dapat digunakan jika konsumen sudah mengajukan pengembalian produk di website JD.id.
c.          Layanan 24 jam
Customer Service JD.id
Telepon                 :  1500 618 atau 021 8062 7007
Live Chat              :  www.jd.id atau Apps JD.id
Twitter                 :  @cs_jdid
Jam Kerja              :  Senin - Minggu  ( 24 Jam )
Phone Order          :  500 618 ext 6   Senin - Jumat  ( 09.00 - 17.00 ) 

2.6.Faktor Sukses Website JD.ID
1.      Produk
Produk yang dijual di JD.ID tidak ada yang palsu, asli semua. Produk berkualitas JD.ID dibanderol dengan harga sangat bersaing jadi, kualitasnya dijamin. Di negeri asalnya, JD.com ini memiliki reputasi sebagai perusahaan e-commerce yang paling dipercaya karena keaslian barangnya sehingga konsumen yang ingin belanja dengan nilai barang yang premium sudah yakin akan kualitasnya di JD. produk berkualitas JD.ID dibanderol dengan harga sangat bersaing. Itu juga menjadi value dari JD.ID dan membuat mereka siap mengarungi industri e-commerce di Tanah Air secara jangka panjang.
2.      Servis
Kesuksesan JD.com di tanah asalnya akan diaplikasikan di Indonesia. Di China, JD.com mengklaim sebagai e-commerce dengan pengiriman barang tercepat. Sementara untuk di Indonesia, layanan pengiriman barang akan diupayakan memenuhi ekspektasi yang telah ditetapkan dalam standar operasi excellence.
3.      Pengiriman Barang
Target penetrasi perusahaan logistik ini menjadi bagian strategi JD.ID dalam menawarkan layanan berkualitas kepada konsumen. Alasannya, dengan kurir sendiri, mereka bisa mengontrol kualitas layanan dan memenuhi janji pengiriman tepat waktu. Padahal, memiliki kurir sendiri membutuhkan waktu lama serta akan memakan biaya sangat banyak.



2.7. Segmentasi Pasar
JD.ID memberikan pelayanan terbaik dari segi kelengkapan produk, pelayanan dan sistem pembayaran. JD.ID menyediakan banyak pilihan produk dari berbagai merek dan potongan harga yang menggiurkan jika dibanding dengan toko online lainnya.
Segmentasi pasar JD.ID yaitu menyediakan produk beraneka ragam. Saat konsumen berkunjung ke website toko online yang menjual sedikit jenis barang, tentu konsumen akan berfikir kalau toko online tersebut kurang bagus untuk berbelanja karena barangnya sedikit. Di JD.ID terdapat banyak sekali produk dan beraneka ragam seperti fashion, elektronik, life style, perlengkapan rumah dan sebagainya.

2.8. Model Iklan Website JD.ID
Model iklan yang digunakan oleh JD.ID adalah sebagai berikut :
2.      Iklan digital menggunakan dua teknik, yaitu Online Search dan Online Display. Online search berkaitan dengan SEO dari brand produk yang Anda tawarkan di website dan media sosial. Lebih jelasnya, SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seseorang yang ahli dalam bidang web untuk meningkatkan visibilitas halaman website agar lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Website yang sudah di-SEO-kan, akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google, sehingga memiliki kesempatan besar untuk dikunjungi oleh para pengguna internet. Sedangkan Online display berkaitan dengan iklan-iklan yang terlihat di beberapa website dan media sosial. Banner iklan yang ada pada website dan situs jejaring sosial adalah contoh display advertising.
3.      Konvensional adalah pemasaran iklan yang menggunakan iklan di media elektronik (televisi dan radio), cetak (surat kabar dan majalah), brosur, PR, events, directs sales, dan personal selling. Sebenarnya pada masa sekarang, taktik pemasaran konvensional sudah mengalami pergeseran ke proses pemasaran baru yang dianggap lebih efektif dan efisien. Seiring berjalannya waktu, dengan meningkatnya pengguna internet di kalangan masyarakat Indonesia, para pemasar harus berpikir ulang untuk menggunakan strategi pemasaran konvensional.

2.9. Keamanan Website JD.ID
Website JD.ID dijamin dan dienkripsi menggunakan teknologi Secure Socket Layer (SSL). JD.ID mengambil beberapa langkah untuk melindungi informasi pribadi anda di dalam fasilitas JD.ID dari penggunaan dan akses yang tidak sah. Walaupun sudah menggunakan perlindungan standar untuk melindungi informasi pribadi anda JD.ID tidak dapat menjamin keamanan yang lengkap dari informasi pribadi anda. JD.ID juga melindungi informasi pribadi anda melalui kontrol password dan meminta anda untuk menjaga kerahasiaannya. Pihak JD.ID tidak akan pernah meminta anda  untuk memberikan password  dan anda dapat merubah password anda setiap saat lewat pengaturan "Akun Saya".

2.10. Proses Pembayaran
Berikut langkah-langkah melakukan pembayaran melalui Virtual Account:
BCA
Jika Anda memilih untuk melakukan pembayaran melalui Virtual Account jaringan Bank BCA, berikut adalah langkah-langkah melakukan transfer Virtual Account di ATM BCA:

Permata

Jika Anda memilih untuk melakukan pembayaran melalui Virtual Account jaringan Bank Permata, berikut adalah langkah-langkah melakukan transfer Virtual Account di ATM Permata:


Bank Lainnya

Jika Anda tidak memiliki akun di Bank BCA dan Permata, Anda dapat memilih untuk melakukan pembayaran melalui Virtual Account Bank Lainnya, khusus pilihan ini Anda hanya dapat melakukan transfer di ATM, tidak dapat dilakukan di Internet Banking, Mobile Banking, Dll. Berikut adalah langkah-langkah melakukan transfer Virtual Account di jaringan ATM Bersama/Prima/Alto, Pastikan Anda memasukkan kode 013 untuk Bank Permata :

2.11. Pihak Yang Terlibat
1.         Penjual (merchant), yaitu perusahaan/produsen yang menawarkan produknya melaui internet. Untuk menjadi  merchant, maka seseorang harus mendaftarkan diri sebagai merchant account pada sebuah bank, tentunya ini dimaksudkan agar merchant dapat menerima pembayaran dari custoumer dalam bentuk credit card.

2.12. Kebijakan Dan Hukum
Kebijakan Privasi JD.ID menjelaskan bagaimana cara dalam mengumpulkan, menggunakan, dan menjaga informasi pribadi anda.
1.      Pengumpulan Informasi Pribadi
JD.ID mengumpulkan informasi tentang anda ketika anda mengunjungi halaman website dan menggunakan layanan. Ketika anda memberikan informasi, anda telah setuju untuk mengisi dan menyimpan informasi pada server kami, termasuk:
-          Apa yang anda berikan seperti: nama,alamat, detail kontak, informasi pembelian, informasi penagihan, komunikasi email, review produk dan informasi pribadi lainnya yang diungkapkan ketika mengakses website dan layanan JD.ID
-          Informasi otomatis - Ketika anda mengunjungi sebuah website, aktifkan cookie pada browser anda agar memungkinkan untuk mengumpulkan informasi tentang anda. Informasi dan teknik pengumpulan informasi lainnya akan digunakan untuk mengidentifikasi anda dan membuat pengalaman online yang lebih personal. Cookie harus diaktifkan untuk menyelesaikan pesanan dan melihat fitur-fitur lainnya pada website kami.
-          Informasi dari sumber pihak ketiga lainnya.
2.      Penggunaan dan Pengungkapan Informasi Pribadi
Informasi pribadi yang dikumpulkan dari anda akan digunakan hanya untuk menyediakan produk dan layanan kepada anda, atau untuk melaksanakan bisnis JD.ID. Jenis informasi pribadi yang dapat digunakan dan ungkapkan termasuk:
-          Secara internal
Menyediakan layanan dan berkomunikasi dengan anda
-          Tujuan hokum
Terdapat kemungkinan di mana kami diharuskan secara hukum untuk berbagi informasi personal
-          Secara eksternal
JD.ID membagikan informasi dengan pihak ketiga yang terlibat untuk memberikan layanan atas nama JD.ID seperti dalam contoh logistik: dalam pengiriman paket, menerima paket, dan memberikan akses ke situs-situs bisnis yang terafiliasi, dan lain-lain
-          Penyimpanan Data
JD.ID akan menyimpan data anda selama akun anda masih aktif atau selama masih dibutuhkan dalam menyediakan layanan kepada anda. JD.ID juga akan menyimpan data sesuai dengan kewajiban hukum. JD.ID akan meminta persetujuan anda sebelum memberikan informasi anda kepada pihak ketiga diluar dari yang telah disebutkan di atas.


3.      Di bawah Umur dan Privasi
Website JD.ID tidak menargetkan dan tidak diperuntukkan untuk anak-anak di bawah 18 tahun. JD.ID tidak mengetahui keakuratan informasi personal dari anak-anak di bawah 18 tahun dan kami tidak pernah meminta informasi personal dari mereka.
4.      Situs Pihak Ketiga
Website JD.ID berisi link ke website-website lain yang dioperasikan oleh perusahaan lain.  JD.ID tidak membagikan informasi personal anda dengan website-website tersebut (kecuali jika JD.ID telah meminta persetujuan anda seperti yang telah disebutkan di atas) dan tidak bertanggung jawab dengan kebijakan privasi website tersebut.
5.      Transisi Bisnis
Dalam hal melakukan transisi bisnis, seperti merger dan akuisisi oleh perusahaan lain, atau penjualan semua atau sebagian aset perusahaan, informasi pribadi anda mungkin akan menjadi salah satu dari aset yang ditransfer. Anda akan diberitahu melalui pemberitahuan dalam website JD.ID selama 30 hari untuk setiap perubahan kepemilikan atau kontrol atas informasi personal anda.















BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Penerapan kumputerisasi modern pada bidang bisnis sangatlah penting bagi kemajuan sebuah perusahaan. Perusahaan yang menerapkan E-commerce seperti JD.ID adalah salah satu contoh adanya situs belanja online yang mempunyai berbagai kemudahan dalam pelayanan,  proses transaksi, dan mengutamakan produk asli serta proses pengiriman barang sehingga dapat dipercaya masyarakat sebagai situs belanja online dengan operasi excellence.
Model bisnis yang diguanakan dalam website JD.ID adalah B2C karena menggunakan bentuk jual beli produk atau jasa yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronik.
JD.ID memberikan penawaran yang lebih personal. Sehingga, pelanggan bisa mendapatkan produk yang memang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, Website JD.ID dijamin dan dienkripsi menggunakan teknologi Secure Socket Layer (SSL).
B.     Saran
Berdasarkan review penyusun di internet beberapa pengiriman yang dilakukan oleh JD.ID kurang baik, antara lain seperti tidak direspon saat melakukan refund dan ada beberapa barang yang disegel ulang bukan asli dari tempat produksi.
Maka dari itu, saran penyusun agar pihak JD.ID dapat memperbaiki pelayanan yang bermasalah bukan hanya menguatkan penjualan melalui iklan.



Tidak ada komentar: